SUNGAILIAT TERKINI

Wisata Bangka, Main Olahraga Air di Pantai Batu Bedaun

BANGKA, KOMPAS.com – Pantai Batu Bedaun tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

Pantai ini berlokasi di Pulau Bangka. Tepatnya berada di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah olahraga air. Kompas.com sempat berkunjung ke pantai ini pada Maret 2020 yang lalu,

“Di sini pengunjung bisa main banana boat, jet ski, dan donut boat. Ada kolam renang juga (yang menghadap langsung ke pantai),” kata pengelola Pantai Batu Bedaun, Ferry Leo, saat ditemui Kompas.com di Sungailiat, Jumat (7/3/2020).

Harga dan lama penggunaan setiap atraksi wisata yang ditawarkan cukup beragam. Untuk banana boat dan donut boat, harga per orangnya adalah Rp 50.000 (harga Maret 2020).

Lama penggunaan tergantung dari berapa kali wisatawan jatuh dari banana boat dan donut boat.

“Banana boat sampai tiga kali jatuh. Donut boat sampai 3–4 kali putaran. Untuk banana boat, mereka pasti jatuh di tengah laut. Kalau donut boat di bawa ke tiga titik perbatasan laut lalu diputar,” kata operator donut boat, Randos, saat ditemui Kompas.com.

Sementara untuk jet ski, tarifnya berada di kisaran Rp 350.000 per 15 menit. Harga tersebut merupakan harga penyewaan jet ski. Kamu bisa mengendarainya seorang diri atau bersama satu orang lainnya.

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Batu Bedaun dari tengah laut, kamu bisa menyewa speed boat dengan kisaran harga Rp 500.000 untuk tiga putaran. Kapasitas speed boat bisa untuk lima orang.

Selain itu, ada pula olahraga air lain seperti memancing di tengah laut. Wisatawan bisa sewa kapal khusus dengan harga kisaran Rp 5 juta. Lihat Foto Pantai Batu Bedaun,

Pulau kecil

Keunikan lain dari kawasan wisata ini adalah ada pulau kecil yang dihiasi dengan sebuah pohon rindang tepat di tengahnya. Pohon rindang ini pun tampak seperti sepucuk daun. Konon, pohon tersebut sudah ada sejak 400 tahun lalu.

Pulau tersebut pun terlihat seperti sebuah batu besar yang memiliki sepucuk daun. Alhasil, nama Batu Bedaun disematkan warga sekitar terhadap pulau tersebut.

“Kalau air laut sedang surut, wisatawan bisa jalan kaki ke Batu Bedaun sekitar –30 menitan. Air laut biasanya surut sekitar jam 4–5 sore. Kadang sampai jam 8 malam. Saat surut, kadang air sampai semata kaki atau sebetis,” kata Randos.

Apabila kamu ingin berkunjung, Pantai Batu Bedaun terletak di Jalan Sinar Baru, Sungailiat. Sekitar 9.2 kilometer dari pusat kota.

Pantai buka setiap hari mulai pukul 10:00 – 22:00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 3.000 per orang.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *