SUNGAILIAT TERKINI

WAKIL BUPATI BANGKA SYAHBUDIN SIP BUKA PELATIHAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SANITASI PENGELOLAAN DESTINASI WISATA

Sungailiat,MSM
Wakil Bupati Bangka Syahbudin SIP membuka pelatihan kebersihan lingkungan sanitasi dan pengelolaan destinasi pariwisata,di Sungailiat,Selasa (5/10/2021)

Menurut Syahbudin tujuan kegiatan pelatihan kebersihan lingkungan ini, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata adalah memberikan pembelajaran dalam waktu yang relatif singkat oleh seorang menjadi ahli.

Disamping kata Syahbudin, untuk peningkatan pemahaman, keterampilan, pengetahuan maupun sikap yang benar dalam bidang pariwisata yang pertama dalam sarana dan prasarana pariwisata khususnya pengelolaan toilet umum destinasi wisata.

Kegiatan pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata di iikuti sebanyak 40 orang, 3 orang narasumber, 2 orang moderator dan 1 orang instruktur lapangan yang akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 5 sampai tanggal 7 Oktober 2021,” ungkapnya

” Peningkatan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata seperti daya tarik wisata diselenggarakan melalui pelatihan-pelatihan ini,” beber Syahbudin.

” Peserta pelatihan sengaja kami rekrut dari pengelola desa wisata dan kelompok sadar wisata (Kopdarwis) yang ada di Kabupaten Bangka,” jelasnya

Syahbudin menerangkan program pelatihan diharapkan mampu mengembangkan sikap melayani, menjaga citra destinasi wisata yang baik,serta mampu menyelesaikan pekerjaan dengan kompetisi minimal sesuai kebutuhan di lapangan yang diarahkan pada pemecahan masalah secara bertahap.

Pelaksanaan pelatihan difokuskan pada sektor yang segera dikembangkan dan ditingkatkan kualitas layanannya karena akan membawa dampak secara langsung kepada kepariwisataan kita,” kata Syahbudin

Peserta yang terlatih harus memiliki kompetensi minimal atau jabatannya diharapkan kedepannya menjadi agen perubahan dan memberikan ilmu pengetahuannya dan kompetensinya kepada masyarakat lainnya.tegas Wakil Bupati Bangka Syahbudin SIP.

“Adapun metode pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi dan sejenisnya,” paparnya

“Karena kultur kita bangsa Indonesia ini tidak terlalu ramah dengan bacaan makanya kita buat metode ceramah, kalau diberi materi pasti materinya hanya dilihat, sampai rumah tidak tahu kemana. Karena kultur kita bangsa Indonesia khususnya rumpun melayu ini lebih terbiasa dengan betutur, bercerita. Maka metode yang tepat adalah berceramah agar lebih efektif diterima oleh peserta dan dipahami,” tutur Syahbudin.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengatakan, semoga kegiatan pelatihan ini dapat diikuti selama 2 hari teori dan 1 hari peninjauan lapangan dan agar dapat bermanfaat bagi kita semua, masyarakat Kabupaten Bangka, masyarakat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dan masyarakat nusantara.

Ia berharap partisipasi peserta untuk beriinteraksi, menukar informasi tentang kepariwisataan menjadi sesuatu yang baru untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Bangka,” pungkasnya (Imron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *