PANGKALPINANG

TNI AL Koarmada I Gelar Geladi Pam VVIP Matra Laut Antisipasi Kontijensi

Jakarta,-– Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I, menggelar Geladi Pengamanan VVIP dan Pengamanan Laut dalam rangka Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (16/8/2021).

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., mengatakan bahwa Koarmada I sebagai bagian integral dari TNI melaksanakan tugas TNI matra laut dalam rangka operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP). Dan melaksanakan operasi pengamanan VVIP merupakan salah satu tugas operasi militer selain perang.

“Dalam rangka upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, saya telah memerintahkan Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I untuk menggelar Geladi Pengamanan VVIP dan Pengamanan Laut di Pelabuhan Tanjung Priok dan Teluk Jakarta,” ucap Pangkoarmada I.

Lebih lanjut dikatakan bahwa operasi pengamanan VVIP ini dilaksanakan sebagai langkah preventif antisipasi terhadap kemungkinan perkembangan situasi yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Danguspurla Koarmada I yang diwakili Kepala Staf Guspurla Koarmada I mengatakan bahwa Koarmada l menyiapkan 4 KRI, 1 KAL, 1 Helly dan 2 Sea Rider, 2 Tim Pasukan Khusus TNI AL, 1 Tim Penyelam Dislambair, 2 Tim Pomal dan 1 Tim Kesehatan dilibatkan dalam operasi yang digelar sejak tanggal 12 sampai dengan 17 Agustus 2021 di Perairan Teluk Jakarta dan Banten.

Pengamanan VVIP ini terintegrasi dengan satuan TNI lainnya antara lain Bais TNI, Paspampres, Kohanudnas, Kodam Jaya dan Koopsau sesuai lingkup tugas masing-masing institusi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *