SUNGAILIAT TERKINI

Tahun 2022 Dana Desa Kabupaten Bangka Turun Rp 6 Miliar

Sungailiat MSM
Di tahun 2022 dana desa di Kabupaten Bangka mengalami penurunan yang cukup signifikan,” demikian dikatakan Kadis Pemdes Kabupaten Bangka Tony Merza kepada wartawan di Sungailiat, kemarin.

Pada tahun 2021 lalu, jumlah anggaran dana desa bagi Kabupaten Bangka adalah sekitar Rp64 miliar yang diperuntukkan kepada 62 desa.

Namun pada tahun 2022 jumlah tersebut berkurang sekitar Rp 6 miliar menjadi hanya sekitar Rp58 miliar saja,” kata Tony.

Tony menyebutkan bahwa hal tersebut bukanlah kebijakan dari pemerintah daerah karena sudah diatur langsung oleh Kementerian Keuangan RI.

“Tahun ini, anggaran tersebut akan langsung dibagi oleh Kementerian Keuangan kepada masing-masing desa,”jelasnya

Diakuinya, jumlah Rp58 miliar tersebut, secara garis besar akan dibagikan secara merata kepada masing-masing desa.

Namun, ada juga yang dibagi berdasarkan presentase menurut luas wilayah, jumlah penduduk, banyak tidaknya penduduk miskin, kinerja dan lain sebagainya.

“Kemungkinan, rata-rata setiap desa akan menerima Rp700 juta sampai Rp1 miliar,” jelasnya.

Menurutnya, berkurangnya anggaran untuk dana desa Kabupaten Bangka pada tahun ini harus dimaklumi bersama. Pasalnya, kondisi keuangan negara paska pandemi covid-19 yang memang tidak terlalu baik.

Kata Tony, saat ini pencairan anggaran dana desa tahun 2022 sudah dapat dicairkan meskipun terpisah antara dana BLT dan non-BLT.

“Yang BLT nilainya 40 persen dan non-BLT 60 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, selain anggaran yang berasal dari Kementerian Keuangan, pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bangka juga telah mengalokasikan dana desa sekitar Rp55 miliar untuk dibagikan kepada 62 desa.

“Ini pun jumlahnya juga berkurang dari tahun lalu. Tapi tetap harus kita maklumi karena memang Dana Alokasi Umum (DAU) kita juga mengalami penurunan,” pungkasnya.(Red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *