SUNGAILIAT TERKINI

SISKEUDES PERMUDAH TATA KELOLA KEUANGAN DESA

Sungailiat,MSM- Desa memiliki peran vital guna mendorong masyarakatnya untuk terus melakukan inovasi baik dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat, lingkungan, hingga teknologi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan masyarakat Desa. Begitupun pentingnya pemanfaatan website Desa untuk pelayanan publik dan manajemen informasi Desa.

Kemudian melalui aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang merupakan aplikasi yang dibentuk guna meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Lebih dari itu, tujuan akhirnya mempermudah proses pelaporan secara transparan.

Hal tersebut seperti dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka, Boy Yandra, SKM, MPH, Jum’at (09/07) saat memberikan paparannya pada kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas Perangkat Desa dalam pengelolaan keuangan Desa berbasis aplikasi Siskeudes Online, di Ballroom Tanjung Pesona Bangka.

“Pentingnya pengggunaan Siskeudes ini sebagai acuan proses pelaporannya nanti, seperti kita tahu aplikasi yang dibentuk ini merupakan sarana mempermudah tata kelola keuangan Desa secara transparan,” imbuh Boy.

Ditambahkan Boy, adanya website Desa juga dianggap sebagai media pemberian informasi kepada khalayak luas salah satunya mengenai potensi Desa sehingga diharapkan mendongkrak kesejahteraan masyarakat setempat.

“Seperti kita ketahui, pentingnya peran website Desa dalam memberikan akses informasim Aparatur Desa bisa memberikan infomrmasi yang bersentuhan dengan pembangunan serta akses pelayanan kepada masyarakat setempat. Intinya agar masyarakat merasa dimudahkan urusannya,” imbuh Boy.

Lebih lanjut Boy menuturkan, melalui paparannya diharapkan mampu mendongkrak kreativitas seluruh Aparatur Desa dalam mengembangkan potensinya masing-masing, sehingga hal ini akan menambah konten-konten menarik di website Desa.

“Kita harapkan Desa mampu membuat konten yang menarik lewat potensinya. Silahkan berkreasi, kalau ada kendala silahkan sampaikan ke Dinkominfotik Kabupaten Bangka,” pungkas Boy.(Red-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *