SUNGAILIAT TERKINI

REGENERASI DICABANG OLAHRAGA PANJAT TEBING SELALU ADA

Sungailiat,MSM
Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan mengatakan kegiatan Kompas Wall Climbing 2021 merupakan murni diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Bangka Belitung,Sungailiat (9/11)

Menurut Mendra Kurniawan dari segi pembinaan, pihaknya selaku induk dari organisasi panjat tebing sangat menyambut baik event tersebut.

“Kami menyambut baik karena dimasa pandemi ini event pertama perlombaan panjat tebing yang dilaksanakan dan kegiataninipun dilakukan oleh mahasiswa UBB,” terangnya.

Ia berharap dengan kejuaraan Kompas Wall Climbing 2021 dapat menumbuh gairah di Provinsi Babel, pasalnya, selama ini oleh panjat tebing menjadi cabang unggulan di provinsi Babel, bahkan dalam setiap mengikuti ajang kejuaraan PON selalu mendapatkan mendali.

“Sewaktu PON Jawa Barat kita mendapatkan medali namun di PON Papua belum mendapatkan hasil maksimal,hal ini segera dievaluasi agar kedepannya bisa meraih kembali medali di ajang nasional,” imbuhnya.

Mendra Kurniawan menuturkan pemerintah baik tingkat provinsi maupun kabupaten selalu sinergi dalam rangka mempersiapkan sarana, tidak hanya di cabang panjat tebing saja.

“Yang Sampai saat ini regenerasi untuk atlet olahraga cabang panjat tebing ini selalu ada dan atlet-atlet muda sudah bisa bersaing di kegiatan regional maupun nasional. Dan ini terbukti salah satu atlet dari Bangka Tengah masuk di Pelatnas Tim Yunior,” papar Mendra.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Kompas Wall Climbing 2021, Fioni Rahmawati mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi UKM Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam dan Sosial (Kompas) yang ke 15 tahun tepatnya pada tanggal 11 November.

“Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 9 November hingga 11 November 2021 nanti. Perlombaan ini diikuti sebanyak 44 peserta dari seluruh Provinsi Bangka Belitung,” jelasnya.

Sementara dalam perlombaan tersebut ada dua kategori yang diperlombakan yaitu mahasiswa putra putri dan umum putra putri. Untuk tahap awal perlombaan pihaknya menggunakan jalur speed dan jalur lead.

“Peserta perlombaan ini ada yang berasal dari Bangka Selatan, Bangka Tengah, Pangkalpinang dan Bangka. Untuk mahasiswa ada yang dari Polman Babel, Atmaluhur dan Muhammadiyah Babel. Ini adalah kegiatan perdana kami, dan kami berharap ini dapat menjadi agenda tahunan,” pungkasnya.(Red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *