SEPUTAR INDONESIA

Proyek P3a Di Desa Sempur Di Sambut Baik Warga Dan Kades Setempat Demi Kepentingan Umum Dan Kepentingan Petani

Purwakarta, – Pemerintah pusat dengan melalui Balai provinsi Jawa barat memberikan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan salah satunya di bidang pertanian yaitu program P3a.

Saluran Irigasi air tanah dangkal bisa menjadi solusi lokal untuk daerah yang tidak tercakup dalam sistem irigasi permukaan atau daerah pertanian lahan kering yang hanya bisa melakukan penanaman padi satu kali dalam setahun.

Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Terjaminnya penyediaan air irigasi ini bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan ada 5 pilar modernisasi irigasi, yakni keandalan suplai air, keandalan jaringan irigasi, manajemen air, kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM).

“P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani, Selasa,(13/06/21).

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah melalui Kementan untuk mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan.

“Saat ini penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus dalam peningkatan produksi pangan, di antaranya melalui pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi, perluasan atau pencetakan sawah baru, dan penyediaan alat mesin pertanian.

Dari penyediaan sarana dan prasarana tersebut,secara kuantitas mengalami peningkatan.Seperti hal nya yang sedang di laksanakan di desa Sempur RT 004 RW 001 RO desa Sempur kecamatan Plered kabupaten Purwakarta untuk mendongkrak per ekonomian yang lebih produktif.

Menurut salah satu warga setempat ” Yadi mengatakan program ini sangat sekali membantu bagi kami para petani apalagi demi kepentingan umum tak hanya itu kades setempat pun mendukung sekali dengan program ini karna akan membantu bagi para petani dan umumnya warga setempat lebih mendongkrak kemajuaan kesejahteraan para petani.jelasnya
(Eric/Tedi ronal )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *