SUNGAILIAT TERKINI

PROSES BELAJAR TATAP MUKA AKAN DIMULAI BULAN JULI 2021


Bangka,MSM
Proses belajar tatap muka untuk tahun ajaran 2021/2022 akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Juli 2021,demikian diungkapkan kepala dinas pendidikan kabupaten Bangka Rozali kepada MSM diruang kerjanya,di Sungailiat,Rabu (7/7)

Namun Rozali menegaskan tatap muka memang tidak dilakukan secara 100% di satuan pendidikan karena sesuai instruksi Presiden dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, masuknya 25% dari jumlah keseluruhan.

Setalah dievaluasi dan cek ke lapangan, tidak semua sekolah baik SD maupun SMP yang jumlahnya besar atau banyak jumlah muridnya,” Karena kalau lihat sekolah di Mendo Barat jumlah siswanya sekitar 60-an orang, Kalau kita masukkan sampai 25%, berarti jumlahnya hampir sama antara jumlah guru dan murid,” terang Rozali.

” Sehingga kami berikan kebijakan dan kami juga telah berembuk dan rapat dengan kepala bidang, dan Korcab dan Kepala Sekolah, akhirnya kami pilah-pilah,” ujarnya.

Selanjutnya jelas Rozali Jadi kita menyesuaikan secara fleksibel, jadi pembelajaran tetap berjalan, jumlah murid ideal dengan guru yang mengajar, tetapi tetap dengan menggunakan protokol kesehatan secara ketat.

Waktunya sudah diamanatkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi termasuk instruksi Presiden, bahwa satu minggunya hanya 2 hari,” Jangan sampai terjadi kerumunan tetapi bergiliran karena pembelajaran tatap muka terbatas,” tukas Kadiknas pemkab Bangka ini.

Rozali mengakui emang kita sejak tahun 2020/2021 kita memang sudah didera oleh pandemi covid, sehingga kita sudah mempersiapkan dari awal untuk setiap satuan pendidikan, baik jenjang SD, SMP.
walaupun masih ada yang perlu dilengkapi.

Rozali menandaskab sekolah didaerah yang agak sedikit jauh memang sudah melengkapi untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menyediakan tetapi tempat cuci tangann hand sanitizer sekolah juga menyediakan masker. Sekolah diwajibkan menyediakan masker.

Kita menghimbau kepada orang tua, sejak di rumah menyiapkan itu, dan mempersiapkan diri anaknya, dan tidak mengantar anaknya sampai ke ruang kelas, cukup sampai gerbang. Jemput juga harus bergiliran. Guru juga harus proaktif karena ada tim satgas covid di sekolah,” paparnya.

Karena kata Rozali Bupati Bangka Mulkan SH MH menginstruksikan kemarin kalau memang ada dana Bos, sekolah diharuskan menyiapkan, walaupun uangnya terbatas pada saat zaman pandemi covid ini, pemerintah daerah juga.

Yang jelas Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka bersama tim Satgas Kabupaten dan Kecamatan, Pak Camat, Pak Lurah, Pak Kades sama-sama mengingatkan kalau masih ada yang kurang. Kita benahi, jangan sampai ada kita ingin masuk tatap muka tapi satuan itu tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

Untuk sementara kita tetap merujuk kepada penerimaan peserta didik baru berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan RI No. 1 Tahun 2021, tentang Penerimaan peserta didik baru tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, termasuk Sekolah Menengah Atas, kita tetap menggunakan ada 4 jalur, jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi dan jalur mutasi, orang tua/wali hal itu sudah berjalan,” pungkas Rozali Kepala dinas Pendidikan kabupaten Bangka.(Imron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *