SUNGAILIAT TERKINI

PERKUAT KOMITMEN KERJA SAMA, LPPM UBB GELAR WORKSHOP KEMITRAAN

Perkuat Komitmen Kerja Sama, LPPM UBB Gelar Workshop Kemitraan

Merawang-MSM
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar “Workshop Kemitraan dan Kerja Sama Program Kuliah Luar Kampus” di Sriwijaya ballroom Swiss-Belhotel Pangkalpinang, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Bangka Belitung yang sudah bergulir selama 3 tahun terakhir. Pada tahun 2021, Universitas Bangka Belitung telah menerapkan Program MBKM melalui pembiayaan internal dan Mahasiswa diberikan kesempatan memilih 8 program MBKM, serta difasilitasi dalam pelaksanaanya.
Workshop Kemitraan yang dibuka Rektor Universitas Bangka Belitung Prof. Dr. Ibrahim, M.Si. turut menghadirkan Fery Insani, SE., M.M. selaku Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bangka Belitung serta Joko Haryono, S.T., M.BA. selaku Kepala Bidang Pengembangan SDM Divisi P2SDM PT Timah Tbk. sebagai narasumber. serta melibatkan 51 mitra kerja sama yang di inisiasi LPPM untuk bekerja sama dengan UBB dalam program MBKM.
Dalam sambutan perwakilan mitra yang diwakili oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Belitung, Rusman Somad menyambut baik kegiatan yang digagas UBB, dan ini salah satu wujud nyata dari kurukulum merdeka yang mana dinas pendidikan bersama para guru dengan kompetensinya masing bisa bersinergi dengan perguruan tinggi serta mitra kerja sama dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta, dan ini akan memberika dampak postif bagi satuan pendidikan bagi pengemangan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja kedepannya.
“Di dalam penerapan implementasi kurikulum merdeka ini memang suatu tuntutan yang harus kita lakukan, agar mahasiswa kita memiliki pengalaman dilapangan seperti apa kondisinya,” terang Rusman.

Rektor UBB Prof. Dr. Ibrahim, M.Si., dalam sambutannya sekaligus membuka acara workshop mengapresiasi seluruh mitra atas dukungannya selama ini terhadap program MBKM UBB yang meliputi Magang Bersertifikat, Studi Independen, Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, dan Riset atau Penelitian,
“Kami sangat senang dan bangga dapat bekerja sama dengan para pimpinan mitra yang hari ini hadir dan tentu saja sudah menerima anak-anak kami yang sudah beberapa bulan dilingkungan organisasi dan profesi bapak/ibu semua baik dikantor maupun dalam pekerjaan mohon maaf sudah merepotkan bapak/ibu. Kami tentu atas nama universitas bangka Belitung mengucapkan terimakasih kepada semua instansi baik pemerintah maupun dunia usaha industri yang telah menerima anak-anak kami,” tukas Ibrahim.

Dikesempatan yang sama Ketua LPPM UBB, Nanang Wahyudin menerangkan dalam perjalanannya, MBKM UBB sudah banyak melibatkan mitra-mitra yang terdiri dari instansi pemerintah, Perusahaan BUMN dan swasta, sekolah, desa dan lembaga lainnya.

“Hari ini kami mengumpulkan 51 mitra, belum seratus persen namun kami utamakan yang belum memiliki MoU atau perjanjian kerja sama. Kami berharap mitra-mitra ini dapat berkomitmen bersama dan saling mendukung dalam pelaksanaan kegiatan kuliah luar kampus,” ujar Ketua LPPM UBB. (Humas/Rn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *