SUNGAILIAT TERKINI

PENANGANAN STUNTING DAN UMKM BERJALAN SUKSES DI KABUPATEN BANGKA

Sungailiat,MSM
Ada hal yang menarik dari pidato Bapak Presiden RI Joko Widodo dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 yakni masalah stunting dan UMKM.

Tentunya hal ini sangat berkaitan sekali ke kabupaten Bangka yang sudah melaksanakan kedua bidang sehingga bernilai positip.

Apa yang sudah dilakukan kabupaten Bangka MSM mencoba meminta tanggapan orang nomor satu di kabupaten Bangka yakni Bupati Bangka Mulkan, SH.MH bagaimana pelaksanaan stunting dan pembinaan UMKM dikabupaten Bangka, Sungailiat,Selasa (16/8)

Kepada MSM, Bupati Bangka Mulkan mengatakan stunting merupakan agenda penting dan komitmen dari pemerintah daerah kabupaten Bangka yang berusaha semaksimal mungkin untuk menurunkan angka stunting tersebut.

Karena ditahun 2013 yang lalu posisi angka stunting dikabupaten Bangka berada diangka 32,27 persen. Menyikapi hal tersebut maka kita fokus untuk penanganannya, sehingga ditahun 2021 angka stunting menurun tajam berkisar diangka 1,68 persen.

” Fakta ini menunjukkan kalau pemkab Bangka memang sangat fokus sekali dalam menangani masalah stunting tersebut,” kata Bupati.

Dengan adanya keseriusan itu dibentuklah satgas penanganan stunting dibawah koordinator Wakil Bupati Bangka Syahbudin M.Trip,” kata Mulkan.

Jadi ini sebagai bentuk tanggung jawab kita bersama dalam rangka usaha menurunkan angka stunting,” imbuhnya.

Selain penanganan stunting yang sudah berjalan baik, upaya peningkatan dan pembinaan UMKM pun tak jauh berbeda.

Sebab beberapa waktu lalu dalam gelaran acara tahunan yakni Bangka expo, disana terlihat jelas adanya geliat dan kebangkitan UMKM dikabupaten Bangka sangat signifikan ini luar biasa. hal itu tidak terlepas dari bantuan pemerintah melalui subsidi bunga di bank sumselBabel cabang Sungailiat.

” Alhamdulillah animo
masyarakat cukup tinggi dan sudah menyerap angka 7,3 milyar dari bunga subsidi yang diberikan kepada pelaku usaha di kabupaten Bangka,” terang Bupati Bangka Mulkan.

Namun semua itu dapat dicapai karena adanya kekompakan dan kebersamaan dari semua stakeholder, masyarakat dan semua pihaknya sehingga kita secara perlahan mampu membuktikan keberhasilan.

Sebab kunci keberhasilan dan kesuksesan itu terletak ada tidaknya kebersamaan dan kekompakan kita,” tutur Mulkan.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Syahbudin M.Trip mengatakan saya hanya menambahkan apa yang telah disampaikan Bupati Bangka Mulkan tadi pada prinsipnya, moment HUT RI Ke-77 kita menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusipitas daerah kita, itu yang pertama.” Kalau kondusip, Insya Allah ekonomi kita bangkit pulih lebih cepat dan tumbuh dengan kuat.
Tetapi sebaliknya kalau tidak aman tentu berbeda hasilnya.

Dengan adanya kekompakkan dan kebersamaan seperti yang disampaikan Bupati Bangka, hal yang penting dalam rangka upaya menggerakkan langkah kita sehingga benar-benar pulih pasca covid-19 walaupun belum sepenuhnya.

Harapan kedepan kondisi ini terus ditingkatkan sehinggga kabupaten Bangka kembali ke zero covid-19,”
tutup Wakil Bupati Bangka Syahbudin.M.Trip.( red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *