SUARA SEPINTU SEDULANGSUNGAILIAT TERKINI

PEMKAB BANGKA LIBATKAN JASA TRAVEL

MSM, Bangka – Pemerintah Kabupaten Bangka melalui lembaga formal terkait melibatkan jasa travel untuk membantu pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan. Asep Setiawan di Sungailiat, kamis mengatakan dilibatkannya peran agen travel sebagai langkah strategi memperluas akses penjualan produk UMKM baik dalam pasar daerah maupun di pasar nasional.

Dikatakan, pihaknya akan membantu dan menjembati pelaku UMKM bermitra dengan pihak agen travel karena kedua sektor ini saling berkaitan.

“Kedua sektor tidak bisa dipisahkan satu sama lain, produk UMKM menjadi salah satu daya minat wisatawan berkunjung disuatu daerah selain daya tarik objek wisatanya,” jelas Asep Setiawan.

Untuk meningkatkan jumlah penjualan kata dia, mitra pelaku UMKM mendapatkan jasa sebesar 10 persen dari total hasil penjualan produk.

Menurutnya, pelaku UMKM yang umumnya usaha rumah tangga sebagai sudah dapat memanfaatkan layanan teknologi informasi dengan melakukan penjualan sistem online.

“Saya optimis, sektor UMKM maupun industri kecil menengah akan tetap tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar,” katanya.

Dia mendorong semua pelaku UMKM mampu bersaing di pasar dengan meningkatkan kualitas produk baik kemasan maupun hasil olahannya.

Berdasarkan data, jumlah UMKM di Kabupaten Bangka sampai saat ini sebanyak 34.113 usaha dengan 19 sektor atau jenis usaha serta terdapat 3.908 industri kecil menegah yang bergerak dibidang makanan olahan, produk olahan logam dan kerajinan.

“Ribuan UMKM dan IKM tersebut tersebar di delapan kecamatan atau di 62 desa dengan berbagai jenis usaha,” katanya.

Asep Setiawan mengakui salah satu produk makanan olahan dari cumi-cumi di Batu Rusa Kecamatan Merawang pernah diminati oleh ni konsumen di Jerman, hanya saja mengalami kesulitas untuk mengirimkan ke negara itu karena faktor aturan yang begitu ketat.(Red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *