SUARA SEPINTU SEDULANGSUNGAILIAT TERKINI

PEMKAB BANGKA INTENS MEMBERIKAN BIMTEK KEPADA APARAT DESA

MSM, Bangka – Sejak dua tahun terakhir kami bersama Forkopimda sangat intens memberikan bimbingan melaksanakan bimtek terhadap SDM kita baik itu Kepala Desa, BPD atau bendaharawan dan perangkat desa demikain dikatakan Bupati Bangka Mulkan SH MH, Selasa (16/3).

Tujuan mereka juga benar-benar mengelola dana desa tersebut, bahkan 2 tahun terakhir ini kami sudah melihat progress terhadap realisasi penyerapan dana desa cukup baik, sebelumnya ada di bawah 60%,” Hal ini menjadi suatu masalah terhadap pembangunan di desa itu artinya kurang maksimal, oleh sebab itu pembangunan di desa yang tidak dilakukan sehingga Silpa nya cukup banyak,” tukas Bupati.

Ia menjelaskan kalau ada Silpa dari kegiatan yang tidak dilaksanakan, itu bukan Silpa berarti kegagalan terhadap program yang telah direncanakan RKP Desa tersebut.

Maka kami dorong dua tahun terakhir ini kami selaku pemerintah daerah dan Forkominda bekerja sama untuk memberi suatu pendampingan kepada desa-desa tersebut agar mereka dapat menjalankan kegiatan-kegiatan di desa dengan dana desa itu dengan cukup baik. Rata-rata diatas 90%,” tambahnya.

Secara formulasi sudah diatur, dari 100% dana desa itu, 70% untuk pembangunan, 30% untuk pegawai. Dari 70% itu ada item-item untuk pembangunannya dan pemberdayaan masyarakat.

“Sudah ada formulasi, dan ada peraturan kementerian desa tersebut,” ujar Mulkan.

Pemantau dari 62 desa ini, sebagai sampel dari 6 desa di kecamatan pemali sudah cukup baik, artinya sama juga dengan desa-desa yang lain. Kegiatan bimtek atau pelatihan kepada aparatur-aparatur desa dan mendorong pihak untuk mengkoordinir desa-desa tersebut agar kegiatan-kegiatan dan anggaran-anggaran di desa itu terserap dengan baik dengan mengikuti aturan-aturan,” terangnya.

Yang penting kita tidak melaksanakan kegiatan fiktif,” Ini jangan coba-coba saya tidak ada toleransi dan tidak akan melindungi siapapun yang ada niat ataupun itikat tidak baik tersebut,” pungkas Bupati Bangka Mulkan SH MH. (Imron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: