SUNGAILIAT TERKINI

PEMBANGUNAN INSFRASTRUKTUR HARUS DISERTAI DENGAN PEMBANGUNAN SDM

PEMBANGUNAN INSFRASTRUKTUR HARUS BERBARENGAN DENGAN PEMBANGUNAN SDM
Sungailiat,MSM
Bupati Bangka Mulkan SH MH mengatakan tugas pemerintah itu kita bukan hanya membangun infrastruktur saja tetapi bagaimana juga kita membangun Sumber Daya Manusia (SDM)nya juga,.demikian dikatakannya pada acara UMKM dirumah dinas Bupati Bangka,Kamis (14/7)

Walaupun infrastruktur kita bagus, tetapi angka kemiskinan dan pengangguran bertengger di atas belum bisa dikatakan pemerintah itu berhasil,” tegas Mulkan.

Mulkan mengatakan itu salah satu indikator keberhasilan pemerintah tetapi apabila banyak angka kemiskinan dan pengangguran berarti kita belum hebat dan Bangka Setara belum keren.

Karena angka kemiskinan dan penggangguran tinggi akan mengganggu stabilitas, keamanan, kenyamanan dari pemerintah kita,”terangnya

Jadi sejatinyan bukan infrastruktur saja yang menjadi fokus akan tetapi masyarakat kita banyak yang belum memiliki pekerjaan, dan berapa angka kemiskinan ini yang harus jadi titik perhatian dari tahun ke tahun,” ucapnya.

” Alhamdulillah sejak Pak Wabup ditunjuk jadi tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah ataupun TKPKD ini, kita pada tahun 2019 angka kemiskinan kita yaitu berkisar 4,92%, tetapi pada tahun 2020 kita menurun walaupun tidak begitu signifikan tapi kita menurun menjadi 4,51%.”ungkap Mulkan.

Dan itulah upaya-upaya yang kita lakukan dari tahun ke tahun karena agar target angka kemiskinan dan pengangguran
harus turun.tambahnya.

IPM kita harus naik, kesenjangan harus turun. Ini target dari pemerintah,” tegas Mulkan.

Angka kemiskinan menurun di tengah pandemi covid-19 ini menunjukkan strategi dan kebijakan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Bangka sudah tepat sasaran,” dimana pertumbuhan ekonomi kita hanya turun minus 0,73%. ini salah satu bahwa Kabupaten Bangka sudah tepat sasaran terhadap program yang kita lakukan,” papar Mulkan.

Kebijakan anggaran untuk mengintervensi kemiskinan dengan menekanan penajaman program dan mempercepat menurunkan angka kemiskinan” Ini yang kita lakukan dan juga menganggarkan untuk menurunkan angka kemiskinan,” Impossible kalau tidak punya anggaran bahwa kita akan menurunkan atau meningkatkan program-program kita,” kata Bupati Bangka Mulkan SH MH

Ia menambahkan kemiskinan adalah permasalahan yang kompleks dan juga target sasaran makro juga harus menjadi perhatian, Kegiatan-kegiatan yang kita lakukan tahun 2021 harus mampu menjawab seperti angka kemiskinan, pengangguran dan
IPM kita.

Sebab,terang Mulkan ada beberapa indikator target kinerja Bangka Setara yang harus kita capai tahun 2021 yakni pertumbuhan ekonomi, dimana ditargetkan pada tahun 2021 ini harus mencapai 2,95%. Pada tahun 2020 juga kita targetkan 3%, tapi karena pandemi tercapai 2,25% pada saat itu.

Laju inflasi sebesar 2,17, tingkat pengangguran terbuka bahkan kita pada tahun 2020 sempat turun hanya 3,8%. Tetapi ini kita akui karena kondisi pandemi covid 19 banyak para pelaku-pelaku usaha seperti perhotelan, rumah sakit swasta banyak memberhentikan pegawai-pegawai mereka yaitu 4,80% untuk tahun 2021,” imbuhnya.

Mulkan menjelas Kita masih di bawah propinsi, untuk pembangunan manusia IPM kita target untuk tahun 2021 ini adalah 72,69% karena pada tahun 2020 kita baru tercapai 71,71%. Rasio kita menurun dari 269 dari tahun 2020. Tahun 2021 ini target kita menjadi 260,” bebernya.

Ditengah pandemi covid 19 diharapkan angka kemiskinan kita targetkan dari 4,51% kita sangat optimis kita targetkan hanya 4,41%. Dan selanjutnya penanggulangan kemiskinan merupakan gerak bersama yang disampaikan Pak Wabup, kita harus bersama-sama, pentahelix apalagi semua daerah adanya suatu ketergangguan terhadap kondisi pandemi covid 19,” katanya.

Inilah yang kita lakukan dari tahun 2020 sampai sekarang ini terutama penanggulangan terhadap covid 19, kalau hanya pemerintah baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi atau pemerintah daerah, kita tidak bisa berjalan dengan cepat sehingga kita merangkul semua pelaku-pelaku usaha kita secara pentahelix,” Kalau untuk Kabupaten Bangka ini cukup baik, ketika kita meminta bantuan mereka sangat cepat, sangat responsif sekali, seperti untuk hewan kurban kita mendapat bantuan 12 ekor dari pentahelix,”pungkas Bupati Bangka Mulkan SH MH( Imron)

.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *