SUNGAILIAT TERKINI

PASIEN YANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KABUPATEN BANGKA DINYATAKAN SEMBUH 50 ORANG

Juru bicara satgas covid-19 kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan hari ini, Jum’at (14/5) pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 di kabupaten Bangka yang dinyatakan sembuh 50,yang positif 9 dan meninggalkan zero.

” Jadi jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi covid 19 sampai saat ini adalah 3.342 orang, sedangkan yang sembuh 2.978 orang, sedangkan
309 orang masih isolasi, ICU dan isolasi Mandiri di rumah, 55 orang sudah meninggal terkonfirmasi positif covid 19,” ungkapnya.

Kemudian dari 3342 yang positif yang terbanyak didominasi kecamatan Sungailiat yaitu 1.496 orang, Pemali 540 orang, sedangkan Mendobarat 349 orang.” kata Boy.

Boy Yandra menambahkan i yang banyak terkonfirmasi positif covid 19 pada di golongan umur 20 sampai 44 tahun yaitu 1532 orang dan terbanyak kelompok perempuan 1.677 orang, sedangkan laki-laki 1665 orang.

Dari 309 yang isolasi, ICU dan isolasi mandiri yang terbanyak yaitu di kecamatan Sungailiat yaitu 153 orang,Pemali 98 orang, Belinyu 30 orang dan Mendobarat 22 orang,” papar Boy Yandra.

Kawasan zona yang ditetapkan oleh Dinkes Bangka terdiri dari 6 Kelurahan 4 Desa yaitu Kelurahan Sungailiat, Kenanga, Parit Padang, Bukit Betung, Belinyu dan kelurahan Sri Menanti,SE dangkan untuk tingkat desa, ada desa Air Ruai, Karya Makmur, Pemali dan Bukit layang.

Menyikapi ini Kabupaten Bangka sudah menyiapkan dan menambah tempat tidur daripada mess Melati awalnya hanya 14 tempat tidur sekarang ditambah 16 jadi 30 tempat tidur yang ada di mess melati, sedangkan mess Anggrek 15 tempat tidur,” Jadi Kabupaten Bangka untuk mess melati dan mess anggrek berjumlah 45 tempat tidur,” tukasnya

Salah satu upaya memutuskan mata rantai penularan yang awalnya diisolasi sendiri maka kita isolasi atau karantina terpusat yaitu di pemda. Sedangkan karantina di desa dan kelurahan mudah-mudahan setelah lebaran ini akan segera di lengkapi dan untuk Puding Besar khusus sudah ada PPKM mikro dengan 8 pasien positif yang di PPKM mikro terpusat di desa. Sedangkan sekarang isolasi, ICU sudah di ditetapkan oleh Kabupaten Bangka dengan biaya pemda yaitu 114 orang, sedangkan untuk yang isolasi mandiri 187 orang, kemudian yang sudah di PPKM mikro terpusat di Puding Besar 8 orang, jadi 187 ini adalah yang masih isolasi mandiri di rumah dan ini akan tetap diawasi oleh tim Puskesmas dan diberi tanda rumahnya isolasi Mandiri covid 19.

” Kami mengimbau kepada masyarakat yang masih isolasi mandiri covid 19 tidak ada bertamu dan tidak ada menerima tamu, tolong ikuti aturan SOP Covid 19, dan setelah sembuh nantinya Puskesmas akan memberikan surat keterangan kesehatan dinyatakan sembuh,” tandas Boy.

Kemudian untuk kontak erat sendiri Kabupaten Bangka berjumlah 5435 orang. Terbanyak di tiga kecamatan yaitu Sungailiat 1832 orang, Pemali 1615 orang, Kemudian Belinyu 457 orang. Kemudian untuk suspek, Kabupaten Bangka berjumlah 2.240 orang, terbanyak di tiga kecamatan yaitu Sungailiat 880, Pemali 573 orang, sedangkan Merawang 195 orang.

Jadi kami tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu melaksanakan prokes covid 19 dengan baik, 3M dilaksanakan dengan baik dan jangan lupa ketika ada keluarga tetangga sakit, tolong dibawa ke pelayanan kesehatan. Ini adalah salah satu upaya untuk bisa memutuskan mata GB rantai daripada wabah penularan dari orang ke orang, dari keluarga kekeluarga dan dari keluarga ke orang lain,” pungkas Boy Yandra.(Imron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *