SUNGAILIAT TERKINI

PASIEN YANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KABUPATEN BANGKA BERTAMBAH LAGI.

MSM,Bangka- Jabupaten Bangka Kembali menambah pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 64 orang,13 orang sembuh dan meninggal zero.demikian penjelasan jubir covid-19 kabupatan Bangka Boy Yandra kepada MSM di Sungailiat,Sabtu (22/5)

” Dari 64 yang positif tersebut diantaranya ada satu orang bayi MFA( 9 bulan )dan seorang balita,” ujar Boy.

Menurut Boy,MFA merupakan warga Pagarawan termasuk transmisi lokal, Karena kontak erat dengan SS dan dilakukan swab antigen tanggal 21 Mei dinyatakan positif dan yang bersangkutan sekarang sudah di Mess Anggrek Sungaliat Bangka.

Sedangkan balita dengan inisial JMH, umur 4 tahun, Alamat Kuto Panji, yang bersangkutan tersebut kontak erat dengan AI, yang terjadi transmisi keluarga. Kemudian JMH tersebut di rapid antigen tanggal 21 Mei 2021, dinyatakan positif dan sekarang yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri,” jelas Jubir covid-19 kabupatan Bangka.

Boy menambahkan jadi jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi covid 19 sampai saat ini di Kabupaten Bangka berjumlah 3.628 orang, sedangkan yang dinyatakan sembuh 3.237 orang dan 331 orang masih isolasi, ICU, karantina dan isolasi mandiri, sedangkan meninggal dunia berjumlah 61 orang.

Dari 331 yang terkonfirmasi positif Covid 19 tertinggi ada di tiga n kecamatan yaitu Sungailiat berjumlah 159 orang, Pemali 97 orang sedangkan Belinyu 52 orang.kini masih menyisakan terbanyak yang positif, yang masih dalam pengawasan dokter dan perawat,” terangnya.

Sementara 12 Puskesmas yang ada di Bangka, 11 Puskesmas menyumbang masing-masing yang terkonfirmasi positif covid 19 yakni Puskesmas Pemali, 20 orang positif, sembuh 1, Baturusa 10 positif, tidak ada yang sembuh, Kenanga 9 yang positif, tidak ada yang sembuh, Sungailiat 9 yang positif, 12 yang sembuh, Belinyu 6 yang positif, 2 yang sembuh, Gunung Muda 2 yang positif, tidak ada yang sembuh, Riau Silip 2 yang positif, 2 yang sembuh, Puding Besar 2 yang positif, tidak ada yang sembuh, Sinar Baru 2 yang positif, 1 yang sembuh. untuk Penagan yaitu 1 yang positif, tidak ada sembuh , Bakam sama 1 positif, tidak ada yang sembuh,” Jadi hanya Pukesmas Petaling tidak ada menyumbang di hari ini untuk terkonfirmasi positif covid 19.

Sedangkan untuk yang positif sampai saat ini yang jumlahnya 3628 orang, yang terbanyak di kelompok umur 20 sampai 44 tahun yaitu 1.678 orang, sedangkan kelompok kedua terbanyak yang positif yaitu kelompok umur 45 tahun sampai 54 tahun yaitu 483 orang, sedangkan kelompok tertinggi ketiga yaitu 55 sampai 69 tahun 432 orang. Sedangkan di Kabupaten Bangka sendiri untuk balita saja sudah 152 orang yang terkonfirmasi positif covid 19. Sedangkan untuk bayi sudah 17 orang. Kemudian untuk suspek sendiri, Kabupaten Bangka berjumlah 2420 orang, sedangkan yang terbanyak di kelompok umur 20 sampai 44 tahun yaitu 1.202 orang, kemudian di kelompok umur kedua yang tertinggi 50-69 tahun yaitu 370 orang, sedangkan kelompok umur tertinggi ketiga yaitu 45 sampai 54 tahun yaitu 336 orang. Kemudian yang terbanyak di kelompok ini adalah kelompok perempuan 1223 orang, laki-laki 1197 orang. Sedangkan kelompok positif yang terbanyak itu di kelompok perempuan yaitu 1832 orang, laki-laki 1797 orang.

Boy menjelaskab untuk cepat kembali ke zona aman, maka masyarakat harus memenuhi kriteria kriteria yang pertama prokes covid 19 harus dilakukan 3M, kedua tidak ada perawatan di rumah sakit seketika ada sakit ataupun demam maka lapor ke pelayanan kesehatan, ketiga adalah bagi masyarakat yang kontak erat harus kooperatif untuk melaporkan dirinya ke Puskesmas sehingga segera dilakukan penindakan dari Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan swab antigen dan swab PCR, secara gratis.

Kalau ini sudah kita lakukan dengan baik 3 item tersebut Insya Allah Kabupaten Bangka akan cepat kembali ke zona aman atau zona hijau.

Jangan lupa Perda penegakan protokol covid -19,Insya Allah minggu depan akan kita laksanakan dengan baik, dan mohon bantuan kepada masyarakat untuk selalu keluar rumah menggunakan masker,” tandas Boy Yandra

Semoga anda tidak terjaring dengan aturan daripada Perda covid 19, salah satunya adalah tidak menggunakan masker maka anda akan didenda Rp200.000,” tutupnya.(Imron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *