SEPUTAR INDONESIA

OBJEK WISATA DESA PUJON MENJADI CONTOH

OBJEK WISATA DESA PUJON MENJADI CONTOH

Pujon , MSM
Kunjungan delapan desa mandiri ke kawasan wisata desa Pujon Kidul kecamatan Pujon kabupaten Malang dalam rangka kaji tiru.

Kepala dinas Pemerintah Desa (Pemdes) kabupaten Bangka Delian Amry kepada MSM,Lusa lalu mengatakan kunjungan delapan desa Mandiri ini ada semacam reward dari Bupati Bangka Mulkan SH.MH, sebesar 50 juta ke APBDes.

Dikatakan Delian sesuai arahan Bupati Bangka Mulkan boleh mengadakan kaji tiru ke desa Pujon Kidul ini.

Yang mana tujuannya kata Kadis Pemdes pemkab Bangka adalah untuk melihat keberhasilan dan kemajuan desa tersebut sehingga bisa dicontoh dan diterapkan didesanya

Kenapa kita arahkan ke desa Pujon Kidul ini luar biasa karena termasuk desa wisata penyumbang PAD bagi desa yang dikelola Bumdes pada tahun 2023 mencapai 2,5 miliar,” ungkap Delian.

Delian menjelaskan kalau sebenarnya desa Pujon adalah kawasan persawahan,namun sebagian wilayah mampu disulap jadi kawasan wisata yang menarik,sehingga banyak dikunjungi wisatawan lokal,nasional dan internasional.

“Dikabupaten Bangka banyak sekali kawasan persawahan, apa salah nanti dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi objek wisata dan sebagian untuk pertanian dan wisata seperti hal desa Kemuja.itu sangat bagus sekali bila dikelola dengan baik dan profesional,” tukas Delian.

Ia mengatakan Pemerintah desa Pujon ini memiliki konsep yang bagus dengan memanfaatkan masyarakat untuk diikutsertakan dalam kegiatan ekonomi.

“Jadi masyarakat berperan aktif dan signifikan dalam meningkatan perekonomian melalui industri berskala keluarga,” paparnya.

“Namun ada yang lebih penting sekali yakni sistem perencanaan mereka bagus sekali dan tertata dengan baik sehingga peran BPD dan lembaga ketahanan masyarakat dalam pengambilan keputusan atau pun kebijakan,” kata Delian.

Delian Amry berharap agar Bumdes tersebut bisa dibantu dan difasilitasi,salah satunya dengan penyertaan modal.(Red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *