PANGKALPINANG

MOBIL HIASAN DEKRANASDA BABEL, MERIAHKAN PARADE HUT KE-44 DEKRANAS DI SOLO-JATENG

Solo,Jateng-MSM
Mobil hias Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), ikut memeriahkan acara semarak parade Hari Ulang Tahun (HUT) ke 44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada, Rabu (15/5/2024) di Solo, Jawa Tengah.

Mengangkat tema ‘Bangga Kriya dan Budaya Indonesia”, kegiatan HUT Dekranas di awali pejalan kaki, disusul kereta kuda, lalu ibu-ibu PKK yang berasal dari 38 provinsi se-Indonesia, dan disusul 102 mobil hias dari perwakilan tiap Dekranas seluruh Indonesia.

Puncak HUT Ke-44 Dekranas akan digelar pada 14-15 Mei di Pamedan Pura Mangkunegara dan beberapa lokasi ini, dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketum Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin.

Parade mobil hias kriya dan budaya ini diikuti ribuan peserta ini akan di catat dalam memecahkan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai karnaval terbesar dengan jumlah peserta parade mobil hias karakter budaya paling banyak di Indonesia.

Sebanyak 102 mobil hias dari berbagai daerah di Indonesia akan mengisi karnaval di jalan Slamet Riyadi Solo. Ini sekaligus menjadi lomba mobil hias paling menarik.

Di dampingi Ketua DWP Disperindag Provinsi Babel Wulan Tarmin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmin, AB mengatakan, Dekranasda Provinsi Babel menampilkan mobil hias rumah adat Belitung, dengan ornamen alat musik Damus di hiasi bunga.

” Dekranasda Provinsi Babel rumah adat Belitung, Kabupaten Bangka rumah adat suku lom dan Kota Pangkalpinang menampilkan mesjid kubah timahnya, ” Imbuhnya.

Sementara itu, dua mobil lainya menampilkan kendaraan hias masjid kubah timah dan rumah adat suku lom, berlogo Pemprov Babel dan logo pemerintah daerah Kota Pangkalpinang, dan Kabupaten Bangka, dengan di hiasi bunga bunga warna warni. Dimana dekorasi mobil hias tersebut mengusung tema potensi masing-masing daerah, sesuai arahan Dekranas.

“Mobil hias yang di tampilkan sesuai tema. Kita meriahkan acara HUT Dekranas ini. Agar meriah, ” Katanya.

Puncak perayaan HUT Ke-44 Dekranas akan diramaikan dengan syukuran dan pameran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan Dekranas dan Dekranasda. Kata Dia, Dekranasda Provinsi Babel akan menampilkan UMKM binaanya.

Parade Mobil Hias ini juga, dimeriahkan oleh Kriya, dan Budaya akan diikuti oleh 80 orang Prajurit Keraton Kasunanan, 20 unit Kereta Kuda/Biolet Hias, kurang lebih 1200 orang defile pejalan kaki Jambore Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK).

Sementara itu, Kabid Perencanaan dan Pembangunan Industri Subekti Saputra menjelaskan bahwa pemilihan alat musik dambus, selain sebagai alat musik daerah Babel, merupakan karakter yang menggambarkan alat seni musik tari di beberapa daerah di Babel.

“Kita juga buka stand, ikut berpartisipasi dalam memamerkan kerajinan tangan khas Babel, mulai dari kain cual, kopiah resam dan kerajinan tangan dari timah serta kerajinan dari lidih nipah, ” Tambahnya.

Dambus adalah alat musik petik, dibuat dengan ciri khas pada bagian kepala berupa kepala rusa, kijang atau menjangan, ditambah dengan alat bunyi-bunyian seperti biola khas Bangka Belitung, rebana, tawak-tawak, gong Bangka Belitung dan lainnya. (Sumber : Humas Disperindag Babel/Mislam/Rn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *