KESEHATAN

MASYARAKAT HARUS WASPADA TERHADAP DBD

Sungailiat,MSM
Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Indonesia (HAKI ) Bangka Boy Yandra SKM. MPH. masyarakat harus mewaspadai peningkatan kasus demam berdarah di kabupaten Bangka, Sungailiat,(3/12)

Dimana tiga bulan terakhir ini ada peningkatan kasus demam berdarah yang cukup signifikan,” katanya.

Ia mengungkapkan sejak dari bulan September (25) kasus,Oktober (7) dan November (23),tapi bulan-bulan sebelumnya tidaklah terlalu banyak namun tiga bulan terakhir ada peningkatan dengan jumlah penderita DBD 132 orang.

Upaya yang sudah dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka adalah penyuluhan di Puskesmas, posling dan posyandu,” ujar Ketua HAKI Bangka ini.

Boy menjelaskan kalau ada pasien positif maka dilakukan penyelidikan epidemitologi ke rumah pasien yang bersangkutan.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan 10 sampai 20 rumah yang dianggap tempat bisa terbang nyamuk,” terangnya

Kalau ditemukan ada yang terjangkit dan ada jentik minimal tiga rumah sudah bisa diisyaratkan segera dilaksanakan fogging atau penyemprotan nyamuk,” tegas Boy.

Boy menjelaskan kalau fogging hanya dilakukan untuk nyamuk dewasa saja,sedangkan untuk jentik adalah pemberian abate baik itu dalam bak mandi,tempayan tempat penampungan air.

Ini upaya terus untuk memutuskan mata rantai pada saat nyamuk dewasa ingin bertemu,” imbuhnya.

Boy Yandra menyampaikan kepada masyarakat yang harus dilakukan adalah bersihkan lingkungan rumah,tetangga dan lingkungan masyarakat,kalau di kantor-kantor kegiatan Jum’at bersih.

Apabila ada gelas-gelas plastik yang tidak bermanfaat,segera dibuang jangan sampai ada yang mengenang karena tempat nyamuk bertelur,” kata Boy

Kami dari Himpunan Ahli Kesehatan Indonesia (HAKI) Bangka bekerjasama dengan Dinkes kabupaten Bangka dan Puskesmas bersinergi dalam melakukan sosialisasi di posyandu dan membagikan abate,” ungkapnya.

Boy menambahkan bagi masyarakat yang membutuhkan abate bisa langsung ke Puskesmas dan gratis.

Sekali lagi kata Boy Yandra kami menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan 5M, pertama menguras, menimbun dan menutup tempat penampungan air,menggunakan kelambu, dan repelent,mudah-mudahan kita dan keluarga terhindar dari demam berdarah.

Bagi masyarakat yang membutuhkan darah PMI Kabupaten Bangka siap membantu memfasilitasinya.(Red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *