SEPUTAR INDONESIA

Mahasiswa UNS Ajak Warga di Pati Untuk Branding Tusuk Sate

PATI – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan serangkaian kegiatan di Desa Tanggel, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati.

Ada salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 51 KKN UNS iniadalah branding tusuk sate bagi warga Desa Tanggel yang berprofesi sebagai pengrajin tusuk sate,Mnggu (5/9/21).

Koordinator Kelompok 51, Yoga Aji Pradana mengatakan bahwa di Desa Tanggel, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati terdapat banyak warga desanya yang berprofesi sebagai pengrajin tusuk sate.

Sayang, jika potensi yang sangat baik ini tidak dimanfaatkan dan dikembangkan untuk kemajuan warga Desa Tanggel. “sekali jika pengrajin tusuk sate di Desa Tanggel hanya menjual tusuk satenya kepengepul saja. Karena harga yang di dapat dari pengepul juga tergolong sangat murah,” katanya, Rabu (1/09/2021).

Karena warga Desa sudah terbiasa menjual hasil tusuk satenya ke pengepul dan belum pernah mencoba melakukan trobosan untuk meningkatkan nilai jual produk, maka Kelompok 51 KKN UNS mengajak warga Desa untuk branding tusuk sate.

Selain branding, Kelompok 51 KKN UNS juga memiliki program kerja lainnya yakni edukasi dan pembuatan tempat cuci tangan, pembuatan vertical garden (pojokberseri), sosialisasi dan pembuatan handsanitizer, penerapan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), sosialisasi pentingnya memakai masker di Masjid.

Dalam sosialisasi penggunaan zoom sebagai media belajar daring,” ada juga sosialisasi penguatan kognitif anak yang efektif dengan teknik, pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi untuk pembuatan katalog menu (pudding dan brownies), pendampingan, pengenalan program P2L (Pekarangan Pangan Lestari), penanaman sayuran dan pembagian benih sayuran, pembuatan poster edukasi Covid-19, penanaman tanaman obat keluarga (TOGA), dan tutorial pembuatan pupuk kompos bahan dasar kotoran kambing.

Kelompok 51 KKN UNS ini berada di bawah bimbingan Dr. Agus Efendy, M.Pd, dengan koordinator kelompok Yoga Aji Pradana (FP/Agribisnis) dan Kelompok 51 yang beranggota  bernama Puji Lestari N (FKIP/Pendidikan Akuntansi), Winita Sherlynda (FP/PKP), Susi Mela Dewi (FEB/Ekonomi Pembangunan) dan Arida Tasya (FEB/Ekonomi Pembangunan), Shofi Mandani (FT/Arsitektur), Syahadatul Fitria (FKIP/PGSD), Tegar Agus (FKIP/PTB), Luthfi Andani K (FKIP/PPKN), dan Dewi Anggun Mustika S  (FKIP/Pendidikan Biologi).

Penulis : Arida Tasya Ayuningtyas

Reporter : @Gus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *