SUNGAILIAT TERKINI

Jadi Solusi Permasalahan Sampah di Masyarakat, TPS 3R Desa Pugul Diresmikan

Sungailiat, MSM
Tempat Pengolahan Sampah (TPS) terpadu Reuse Reduce Recycle (3R) yang terletak di Desa Pugul, Riau Silip, Bangka akhirnya selesai dibangun dan diresmikan pada hari ini, Jumat (31/12/2021).

Diketahui bahwa pembangunan fasilitas tersebut dilakukan mulai dilakukan sejak bulan Juli 2021 lalu dan kini telah siap digunakan.

Peresmian dilakukan oleh Bupati Bangka Mulkan yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti peresmian didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Bangka Ismir Rachmaddinianto, Camat Riau Silip Lingga dan undangan lainnya

Pembangunan fasilitas berupa gedung TPS 3R tersebut melibatkan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ampuh yang merupakan singkatan dari anak muda punya usaha hidup.

Ketua KSM Ampuh, Ray Manshur mengatakan bahwa pembangunan tersebut menelan dana sebesar Rp600 juta.

Adapun fasilitas yang dibangun antara lain adalah hanggar, mushola, kantor, ruang lapak, toilet, dapur, carport dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga pembelian alat-alat pendukung seperti satu unit mesin diesel pencacah, satu unit mesin pengayak kompos, satu unit motor roda tiga pengangkut sampah dan lain-lain.

“Jadi untuk total luas bangunan yang dibangun ini adalah 20×10 m yang dibangun di atas lahan milik pemerintah Desa Pugul,” ucap Ray.

Meskipun banyak hambatan dan rintangan dalam pembangunan fasilitas TPS 3R tersebut, Ray mengatakan bahwa pelaksanaan pembangunannya dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

“Dengan adanya TPS 3R, semoga permasalahan sampah yang ada di Desa Pugul ini dapat teratasi,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga berharap agar pemerintah Kabupaten Bangka dapat terus melakukan pengawasan dan pembimbingan dalam perawatan fasilitas bangunan.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan SH.MH menyebutkan bahwa sampah merupakan salah satu permasalahan yang sudah berlarut-larut di Kabupaten Bangka terutama di kawasan yang padat penduduk.

Menurutnya, yang terpenting sekarang ini adalah bagaimana memanfaatkan sampah-sampah itu dengan sebaik-baiknya.

“Semoga nantinya masyarakat maupun KSM, mampu mengolah dan mengoptimalkan TPS 3R ini dengan sebaik-baiknya,” kata Mulkan.

Dengan begitu Ia berharap, pembangunan TPS 3R ini dapat menjadi suatu ekosistem baru bagi masyarakat terutama KSM dalam mencari penghasilan.(02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *