SUARA SEPINTU SEDULANGSUNGAILIAT TERKINI

INSPEKTORAT KABUPATEN BANGKA AUDIT DANA HIBAH DARI PUSAT

MSM, Bangka – Inspektorat kabupaten Bangka sedang melakukan pengauditan dan pemeriksaan terhadap dana hibah dari pemerintah pusat yang disalurkan ke dinas pariwisata kabupaten Bangka tahun 2020 lalu.

Kepala inspektorat Pemerintah kabupaten Bangka Darius saat di temui MSM diruang kerjanya, Jum’at (16/4) membenarkan kalau saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terkait penyaluran dana hibah pariwisata yang bersumber dari pemerintah pusat.

Menurut Darius sebagian besar dana tersebut di alokasikan untuk membantu para pengusaha hotel dan restoran dalam menghadapi pendemi Covid-19.

Diungkapkan Darius dana hibah yang bersumber dari pusat tersebut berjumlah sebesar 1,2 Milyar, 70 persen dari total dananya yang dikucurkan pemerintah pusat dialokasikan untuk hibah kepada pengusaha hotel dan restoran.

Ini sudah kita audit dan review, namun sebelumnya pada proses penyalurannya apakah mereka sudah layak atau patut menerima dana hibah, sehingga didapat data perusahaan yang memenuhi syarat untuk menerima bantuan yang disalurkan oleh pemerintah pusat dan diteruskan dinas pariwisata kabupaten Bangka,” beber Darius.

Darius mengungkapkan ada dana 30 persen yang digunakan untuk operasional yang diperlukan untuk beberapa kebutuhan seperti revitalisasi dan, sosialisasi dan ini yang sedang jadi titik audit kita.

Apakah dana 30 persen tersebut sudah digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku, dan apakah sudah sesuai dengan perencanaan awal,” kata Darius yang didampingi salah satu tim auditor inspektorat kabupaten Bangka Musi.

Lebih jauh dikatakanya audit ini dilakukan berdasarkan permintaan pihak kepolisian karena ada laporan dari masyarakat kata Darius.

Ia mengatakan kalau pihaknya kini sedang menjalani proses pengauditan dan pemeriksaan terkait dana hibah dari pemerintah pusat untuk pariwisata yang di peruntukan bagi pengusaha hotel dan restoran, namun hasilnya belum keluar dan kemungkinan tidak lama lagilah.

Ketika dicerca MSM tentang adanya dugaan dan informasi yang diterima kalau penerima dana hibah tersebut sudah tutup dan tidak aktif lagi, Darius dengan tegas mengungkapkan kami sudah lakukan pengecekan dilapangan dan para penerima dana hibah TPUD masih berlaku dan membayar pajak.

Saat di singggung apakah ada dugaan penyelewengan dalam penyaluran dana hibah tersebut dan apa tindakan yang akan diambil Darius menjelaskan inikan masih dalam proses dan juga permintaan pihak kepolisian karena ada indikasinya mudah-mudahan Minggu depan selesailah.

Jadi kalau sudah kita segera laporkan ke Bupati Bangka dan kepolisian dan kita berharap tidak ada temuanlah yang penting substansinya tidak ada unsur kesengajaanlah,” pungkas kepala Inspektorat kabupaten Bangka Darius. (Red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *