PANGKALPINANG

H. SUPARYONO MEWAKILI WALIKOTA PANGKALPINANG SECARA RESMI MENUTUP KEGIATAN MTQH

MSM, Pangkalpinang – Walikota Pangkalpinang H. Maulan Aklil yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang Drs. H. Suparyono, menutup kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Ke XXIX Tahun 2021 Tingkat Kecamatan Gerunggang secara resmi ditutup yang ditandai bunyi sirine, Selasa (16/03/2021) malam, di halaman Kantor Kecamatan Gerunggang. Dengan Motto “Kita Tingkatkan Silahturahmi Melalui Prestasi Menuju Insan Qur’Ani Yang Mandiri.

Dalam sambutan penutup MTQH Ke XXIX, Drs. H. Suparyono mengungkapkan, “Pemkot Pangkalpinang memberikan penghargaan yang tinggi kepada Dewan Hakim, pihak kecamatan dan panitia yang dinilai sukses menyelenggarakan MTQH.

“Ini tentunya melalui kerja sama dan kerja keras bersama, sehingga malam penutupan meriah seperti ini, meski di tengah Pandemi Covid-19. Yang penting patuhi 3M. Dengan mematuhi protokol kesehatan, bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain, jelasnya.

Lanjut H. Suparyono, Mendukung antusiasme undangan dan peserta yang memakai masker serta menjaga jarak sepanjang pelaksanaan hingga penutupan MTQH. “Selamat atas sukses dan semarak penyelenggaraan ini sebagai upaya salah satu Syiar Agama.

“Setiap peserta MTQH adalah juara bagi diri sendiri, karena sudah mampu mengatasi rasa takut dan grogi untuk tampil di depan publik.

Kepada para juara, Suparyono menyampaikan ucapan selamat dan diharapkan tidak mudah merasa puas atas hasil yang telah diraih.

“Yang belum juara harus mawas diri untuk terus berlatih, karena MTQH merupakan seni baca Al Quran melalui latihan secara rutin,” katanya.

Ia juga berharap para pemenang untuk mempersiapkan diri di MTQH Tingkat Kota Pangkalpinang, yang akan berlangsung pada 1-5 April 2021 mendatang.

“MTQH Kota Pangkalpinang nanti akan berlangsung tertutup di Operational Room (OR) Pemkot dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat, tanpa mengurangi berbagai hal terkait pelaksanaan MTQH,”ungkapnya.

Dalam laporan Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan, Rozi. SE mengatakan MTQH Kecamatan Gerunggang berlangsung selama tiga hari, sejak 13-16 Maret 2021. Dengan jumlah peserta 208 orang berlangsung lancar dan sukses.

Rozi. SE “mengapresiasi dukungan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini, terutama Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Alhamdulillah, kegiatan MTQH ke-29 Tingkat Kecamatan Gerunggang ini berlangsung lancar dan sukses,” kata Rozi.

Rozi yang juga Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Gerunggang menambahkan, “Pelaksanaan MTQH berlangsung di dua tempat, yakni Halaman Kantor Camat Gerunggang dan Pondok Pesantren Darul Fatah Pangkalpinang.

Camat Gerunggang Khotaman Barka, S.STP., M.Tr.I.P seusai acara penutup kepada Wartawan MSM mengenai banyaknya yang hadir di malam penutupan MTQH, menjelaskan, “Pada malam pembukaan tidak seperti ini, keadaannya, artinya lebih banyak yang hadir dipenutupan acara malam ini. Karena mereka hadir semuanya ingin menunggu pengumuman. Kalau malam pertama pembukaan lebih sedikit yang hadir. Karena dari jumlah peserta dan undangannya telah kita batasi, mengingat Pandemi Covid-19, ungkap Khotaman Barka.

Khotaman Barka menjelaskan lagi, “Karena kita batasi undangannya untuk perkelurahan, dan biasanya ditahun sebelumnya pengurus RT, Pengurus Masjid kita undang.

“Ini kita maksimalkan satu kelurahan 10 orang, jadi dibagikan 10 orang, 2 RT, 2 Ketua Masjid, dari PKK, Pemuda. Untuk malam penutupan memang agak ramai, karena seluruh peserta itu hadir. Mengenai undangan malam penutup tetap kita batasi,” Tapi peserta yang hadir semuanya, termasuk orang tua pendamping. Kalau undangan yang acaranya untuk RT tetap kita batasi, jelas Khotaman Barka.

Dengan kegiatan MTQH ini, Camat Gerunggang, “Menyingkapinya dengan baik sekali, artinya setiap tahun itu selalu bertambah pesertanya. Ini menandakan bahwa masyarakat mulai menanamkan cinta, “Anak anaknya terhadap Al-Quran. Peserta ini, kalau tidak dibatasi bisa hampir 300 peserta. Karena semua cabang yang diperlombakan itu semua terisi.” Dibatasi saja 208 peserta, apalagi tidak dibatasi, jelas Khotaman Barka.

Untuk tanggal 1-5 April, selesai MTQH perwakilan Kecamatan Gerunggang akan mengikuti MTQH ditingkat kota. Dan saya akan tetap mendampingi juga harapan saya, “Semoga Kecamatan Gerunggang bisa mempertahankan Juara Umum yang sudah dua tahun berturut turut, dari tahun 2019 dan 2020 Kecamatan Gerunggang Juara Umum Tingkat Kota Pangkalpinang. Dan mudah mudahan 2021 ini, nantinya Juara Umum, kata Khotaman Barka.

Di malam penutupan MTQH nampak terlihat yang hadir, “Kabag Kesra Setda Kota Pangkalpinang Haris Munandar, Camat Gerunggang Khotaman Baraka, Forum Pimpinan Kecamatan Gerunggang, Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pangkalpinang dan Dewan Masjid Indonesia Kota Pangkalpinang, peserta dan masyarakat.

(Red-04/Sur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *