SUARA SEPINTU SEDULANGSUNGAILIAT TERKINI

Forum RT Gandeng PT Akar Emas Semesta (AES) Sosialisasi Tanaman Jahe Merah di Kelurahan Parit Padang

MSM, Sungailiat – Forum RT bersama Kelurahan Parit Padang Kabupaten Bangka mengandeng PT. Akar Emas Semesta (AES) yang berminat untuk pemanfaatan hasil tanaman Jahe Merah dengan pola kemitraan bersama kelompok masyarakat dan Forum RT di Kabupaten Bangka.

Selaku Lurah Parit Padang Ramadan Usman menaggapi hal tersebut mengatakan pada hari ini adalah sosialisasi tentang Jahe Merah yang merupakan Program Gubernur Babel yang merupakan sosialisasi tahap awal, pihak Kelurahan sangat berharap ada kegiatan sosialisasi lanjutan agar program ini dapat di terapkan di Kelurahan Parit Padang.

“Untuk program Jahe Merah ini kita lihat dulu sosialisasi nya seperti apa begitu ada kawan-kawan RT dan PKK serta masyarakat sendiri yang ingin bergabung dalam program Jahe Merah karena minimal untuk jumlah dalam kelompok tersebut minimal 50 orang dan saya tantang tadi kalo 100 atau 150 bagaimana siap”, ujar Ramadan Usman S.IP.

Gustari selaku pendiri Forum RT serta koordinator kegiatan sosialisasi Jahe Merah dan pemdaftaran anggota kelompok masyarakat Parit Padang mengatakan, pada pertemuan audensi Forum RT tanggal 09 Januari 2021 dengan Gubernur Babel selanjutnya Gubernur menawarkan untuk meningkatkan pendapatan para RT agar di perdayakan pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan menanam Jahe Merah,” jelas Gustari.

Lebih lanjut Gustari menjelaskan bahwa setiap RT mendapatkan dana Rp.10 Juta, dengan rincian Rp.1 Juta uang tunai dan Rp.9 Juta berupa barang dan bibit Jahe Merah, pupuk, penyuluhan serta asuransi dan transportasi pengangkutan sampai ketujuan Dengan sistem pembayaran pemotongan dari hasil panen.

“Jadi diperkirakan hasil panen itu 9 sampai 10 bulan nanti biaya nya di kasih oleh Perusahaan dengan hasil panen Jahe Merah itu di beli langsung oleh pihak Perusahaan dan di potong hasil kesepakatan antara Pemprov Babel dan Perusahaan untuk harga standar Jahe Merah perkilo Rp 28.000 di beli ditempat,” jelasnya.

Gustari berharap adanya solusi tawaran dari Gubernur Babel terhadap penghasilan para RT yang ada di Babel ini yang notabene pendapatanya perbulan hanya sebesar Rp. 500.000 dengan adanya perhatian ini dapat meningkatkan usaha pendapatan para RT di Bangka Belitung.

“Keinginan Gubernur dalam meningkatkan penghasilan usaha dari penghasilan teman-teman RT ini, dan Pak Gubernur juga menawarkan solusi Kepada para RT untuk didaftarkan menjadi Mitra Program Jahe Merah tersebut,” pungkasnya.(WAWAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *