SEPUTAR INDONESIATNI/POLRI

DP3AP2KB Gandeng Babinsa Jajaran Kodim 0719/Jepara Wujudkan Peningkatan Akses Dan Kualitas Pelayanan KB

Jepara – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Jepara melakukan sosialiasi program Keluarga Berencana (KB) kepada Babinsa Jajaran Kodim 0719/Jepara.

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung di Aula DP3AP2KB yang ada di Jl. Shima No.1 A, Pengkol, Kecamatan Jepara. Selasa (12/10/2021).

Pada kegiatan sosialiasi program KB dihadiri oleh Kepala DP3AP2KB Ir. Inah Nuroniah, MSi, ri Yuwono Ka.Bid. Pelayanan KB Masyarakat dan Pasiter Kodim 0719/Jepara Kapten Arm Fadelan dan sebanyak 60 Babinsa, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kepala DP3AP2KB Ir. Inah Nuroniah mengatakan kegiatan sosialisasi ini untuk mewujudkan peningkatan akses dan kualitas pelayanan Keluarga Berencana (KB) MKJP bersama mitra di Kabupaten Jepara guna menjangkau wilayah desa-desa tersebut.

“Kami mengandeng para Babinsa di jajaran Kodim 0719/Jepara ini, karena menurut kami mereka yang sering dekat dengan masyarakat dan dipercaya penuh oleh masyarakat di wilayah,” kata Ir. Inah Nuroniah.

Menurut Inah Nuroniah program yang nantinya disampaikan kepada masyarakat dalam sosialisasi program KB meliputi program pengendalian penduduk dan jika pertumbuhan penduduk tidak dikendalikan dengan baik, bisa terjadi peledakan penduduk dan apabila pertumbuhuan penduduk tidak seiring dengan pertumbuhan pangan, akan terjadi kelaparan, kemiskinan dan sebagainya.

“Dengan program KB bertujuan agar penduduk tumbuh seimbang, yang ditandai dengan oleh Total Fertility Rate (TFR atau angka fertilitas total) 2.1 atau dua anak cukup ini merupakan bentuk memotivasi masyarakat untuk ber-KB,” ujarnya.

Sementara dikesempatan yang sama, Pasiter Kodim 0719/Jepara Kapten Arm Fadelan mengemukakan pelaksanaan program keluarga berencana (KB) di tengah pandemi Covid-19 ini diakui ada kesulitan sebab dalam pemberian sosialiasi dan pelayanan KB dibatasi dengan tatap muka.

“Namun saya mengharapkan kepada para Babinsa untuk mengandeng Bidan Desa dalam membina kader KB di wilayah binaan serta memberikan sumbangsih demi suksesnya program KB Nasional serta terus berbuat pada bulan-bulan akhir guna mencapai 45 persen program KB di wilayah Kabupaten Jepara,” ungkap Pasiter. (Pendim 0719/Jepara).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *