SUARA SEPINTU SEDULANGSUNGAILIAT TERKINI

BALAI POM PANGKAL PINANG GELAR RAPAT ADVOKASI PROGRAM GKPD DAN PJAS

MSM, Bangka – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Pangkalpinang melakukan kegiatan Rapat Advokasi Program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), dan Pasar Aman tahun 2021, di hotel Novilla Sungailiat Kamis yang dibukakan oleh Bupati Bangka Mulkan SH MH yang diwakili Staff Ahli Bupati Bangka bidang Perekonomian Zulkarnain Idrus, Kamis (25/03).

Kepala Balai POM Pangkalpinang Hermanto mengatakan, Balai POM Pangkalpinang bersama Pemkab Bangka melaksanakan kegiatan keamanan pangan terpadu, dalam bentuk kegiatan yang meliputi Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), Pasar aman dari bahan berbahaya.

“Tujuannya untuk menggugah komunitas yang ada di Desa, di pasar maupun pihak di Sekolah, agar dapat peduli keamanan pangan di komunitasnya masing-masing,” terang Hermanto.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat mulai sadar, dengan produk yang aman, dan untuk UMKM sendiri nantinya untuk makanan siap saji dan produk olahan akan mengerti bagaimana cara produksi ataupun proses pembuatan makanan yang aman dan tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya dan dilarang untuk dapat di konsumsi.

Hermanto menambahkan, untuk masalah keamanan dan pengawasan produk makanan adalah tanggung jawab bersama baik Pemerintah Daerah, Balai POM, dan Pelaku usaha.

“Makanya kita berikan pengetahuan dan wawasan terkait produk yang di perbolehkan dan dilarang, dan diharapkan tanggungjawabnya selaku pihak.” ujar Hermanto.

Sementara itu Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Zulkarnain Idrus, menyampaikan amanat Bupati mengatakan, Pangan merupakan kebutuhan dasar hidup manusia paling utama, dan kebutuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia, sebagaimana dinyatakan dalam undang-undang pangan no 14 tahun 2004 dan dijamin dalam UU Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, dan gerakan hidup sehat dalam masyarakat Indonesia,” Jelasnya.

Di tambahkan Zulkarnain bahwa Pemkab Bangka mendukung upaya yang dilakukan Balai POM tentang Gerakan Keamanan pangan Desa untuk membentuk ketahanan Desa aman, serta Jajanan Anak Sekolah, dan Pasar menjadi Aman dari bahan Berbahaya.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai rencana, dan mencapai target kita dengan Sinergitas dari Balai POM Pangkalpinang bersama Pemkab Bangka serta dukungan dari semua pihak dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini,” pungkasnya. (Red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *